Pengertian Tomcat (Serangga) dan Tips untuk menghindari serangan tomcat


Tomcat adalah hewan serangga (sejenis kumbang pamakan padi) yang sedang heboh dibicarakan di tanah air. Hewan ini memang dihiasi dengan warna yang kombinasinya cukup indah yaitu oranye dan hitam. Namun berlawanan dengan indahnya tersebut, hewan ini justru boleh dibilang cukup berbahaya. Karena apabila racun atau bisa dari serangga tomcat ini mengenai kulit, maka akan menybabkan gatal - gatal pada kulit.


Seperti pada umumnya hewan serangga lainnya, hewan ini sangat menyukai cahaya. Dan juga hewan (serangga) tomcat ini sangat menyukai tempat lembab. Jadi boleh disimpulkan bahwa serangga ini masuk ke pemukiman warga akhir - akhir ini dikarenakan masa panen padi (salah satu makanan favorit dari tomcat hehe.,) telah habis, maka serangga ini keluar mencari makanan pengganti ke pemukiman warga dikarenakan serangga tomcat menyukai sumber cahaya yang terang.

Bagaimana tips cara menghindari dari serangan tomcat?
  1. Saat anda menemukan serangga tomcat, hindari untuk membunuh atau memencet hewan ini dengan anggota tubuh anda. Karena racun atau bisanya serangga ini dapat mengenai kulit anda yang menyebabkan gatal - gatal disertai rasa panas. Masukkan saja hewan ini ke dalam kantong plastik dan kemudian buang ke tempat yang aman.
  2. Apabila serangga tomcat ini berada di salah satu anggota tubuh, cara yang benar untuk mengusirnya adalah dengan meniupnya atau mengambil hewan ini dengan kertas atau benda lain.
  3. Usahakan pintu selalu tertutup pada malam hari dan apabila kampung anda sudah terkena serangan tomcat, usahakan juga agar ventilasi jendela anda diberi jaring atau kawat kassa anti nyamuk.
  4. Biasakan mematikan lampu kamar anda saat tidur, karena hewan ini sangat menyukai sumber cahaya. Dan keuntungan lain dari mematikan lampu kamar saat tidur adalah Hemat Energi.
  5. Jika salah satu anggota tubuh anda terkena racun serangga tomcat ini, Hindari menggosoknya dan juga menggaruknya. Segeralah cuci bagian tubuh anda dengan sabun. Dan apabila masih terjadi gatal - gatal pada kulit anda, segera bawa ke dokter.
NB : Serangga tomcat ini hanya menyerang pada saat merasa terganggu atau terancam. Jadi apabila  anda menemukan serangga tomcat ini, hindari untuk membunuhnya. Karena serangga tomcat juga makhluk hidup dan juga untuk menjaga ekosistem.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Artikel Terkait

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management